Gedung Putih: Trump “Sangat Serius” soal Rencana Kenakan Tarif Impor terhadap Meksiko

Gedung Putih hari Minggu (2/6) mengatakan Presiden Trump “sangat serius” tentang rencana mengenakan tarif impor barang-barang dari Meksiko, tapi menambahkan belum ada rumusan yang pasti untuk menentukan apakah Meksiko telah melakukan cukup banyak untuk mencegah masuknya immigran gelap ke Amerika.

Trump mengklaim bahwa Meksiko sejak puluhan tahun telah mengambil keuntungan dari Amerika, dan semua itu akan berakhir ketika ia mengenakan tarif impor atas barang-barang Meksiko minggu depan.

Kata Trump dalam cuitannya hari Minggu “kita sudah muak.”

Minggu lalu Trump mengatakan akan mengenakan tarif impor lima persen mulai tanggal 10 Juni atas barang-barang buatan Meksiko, guna menekan pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador supaya menghentikan arus pengungsi gelap dari Amerika Tengah ke Amerika Serikat. Kata Trump lagi, tarif itu akan dinaikkan lima persen tiap bulan sampai bulan Oktober, sehingga menjadi 25 persen.

Para pejabat Meksiko akan bertemu minggu ini dengan Menteri LN Amerika Mike Pompeo guna mencari penyelesian atas sengketa itu.

Para pakar ekonomi dan kelompok-kelompok bisnis menyatakan khawatir akan ancaman tarif itu, karena banyak barang-barang buatan Meksiko akan menjadi lebih mahal bagi konsumen Amerika. (ii)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan