China Peringati 30 Tahun Tragedi Tiananmen

China, Selasa (4/6), menandai 30 tahun penumpasan mematikan di Tiananmen dengan keheningan dan keamanan ekstra setelah penangkapan aktivis dan pengetatan sensor internet menjelang peringatan ulang tahun yang sensitif secara politik itu.

Pada hari yang kelabu dan mendung, polisi memeriksa kartu identitas setiap turis dan penumpang angkutan umum yang turun di kereta bawah tanah dekat Lapangan Tiananmen, tempat protes pro-demokrasi yang secara brutal ‘dibersihkan’ tank dan tentara pada 4 Juni 1989.

Wartawan asing sama sekali tidak diizinkan masuk ke alun-alun atau diperingatkan oleh polisi untuk tidak mengambil gambar.

Amerika menandai peristiwa itu dengan memuji gerakan “heroik” 1989 dan mengecam “gelombang pelanggaran baru” di China.

Tetapi di China, Partai Komunis memastikan, tidak akan ada peringatan ulang tahun, menahan beberapa aktivis menjelang 4 Juni, sementara situs-situs siaran langsung yang popular ditutup dengan alasan pemeriksaan “teknis”.

Selama bertahun-tahun, partai itu menyensor setiap diskusi tentang protes dan penumpasan itu, yang menewaskan ratusan, mungkin lebih dari 1.000 – memastikan bahwa orang tidak pernah tahu tentang apa yang terjadi atau takut akan ditahan jika berani membahasnya secara terbuka.

Kamera pengintai yang tak terhitung jumlahnya bertengger di tiang lampu di dan sekitar Lapangan Tiananmen.[ka]

Leave a comment

Tinggalkan Balasan