Trump Mungkin Berlakukan Tarif atas Produk Meksiko Minggu Depan

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan pada hari Selasa (4/6) bahwa “lebih mungkin” daripada tidak bahwa minggu depan dia akan mengenakan tarif baru sebesar 5% pada produk-produk impor dari Meksiko.

Trump menyatakan demikian pada konferensi pers di London bersama Perdana Menteri Inggris Theresa May, bahkan selagi para pejabat AS dan Meksiko melanjutkan pembicaraan di Washington tentang tarif dan gelombang migran dari Amerika Tengah yang melakukan perjalanan melalui Meksiko untuk mencapai Amerika Serikat yang ingin diblokir oleh Trump.

“Meksiko harus meningkatkan upaya dan menghentikan invasi ini ke negara kami,” kata Trump, yang berpendapat bahwa “jutaan” migran tidak berdokumen dari Guatemala, Honduras dan El Salvador memasuki wilayah Amerika Serikat untuk melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan di tanah air mereka.

“Saya kira Meksiko akan melangkah dan melakukan apa yang mereka perlu lakukan,” kata Trump.

“Saya ingin melihat keamanan di perbatasan dan perdagangan yang hebat,” tambahnya.

Dia mengatakan, “Kami akan melihat apakah kami bisa mencapai sesuatu, tetapi saya berpendapat bahwa lebih mungkin kami akan memberlakukan tarif (mulai Senin depan), dan kami mungkin akan berunding selagi tarif diberlakukan.”

Trump telah mengancam akan menaikkan tarif setiap bulan sebesar 5% jika Meksiko tidak menghentikan migran tidak berdokumen yang melewati negara itu. (lt)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan