Trump: AS akan Jalin “Hubungan Dagang yang Hebat” dengan Inggris

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan Amerika bertekad akan mengadakan “hubungan dagang yang hebat” dengan Inggris yang sedang bersiap untuk keluar dari Uni Eropa.

Trump berbicara pada wartawan di London setelah bertemu dengan perdana menteri Inggris Theresa May hari Selasa (4/6).

May memuji hubungan baik antara kedua negara, kendati adanya perbedaan pendapat tentang perubahan iklim, dan Iran. Inggris mendukung perjanjian iklim Paris, yang ditolak oleh Trump, dan terus mendukung perjanjian nuklir dengan Iran, yang juga ditolak oleh Trump.

Sementara kedua pemimpin berbicara dalam konferensi pers bersama, ribuan orang berdemonstrasi di London, sambil membawa poster-poster dan menyerukan slogan anti-Trump. Sebuah balon raksasa yang disebut “Bayi Trump” mengapung di udara.

Ketika ditanya tentang aksi-aksi protes itu, Trump dengan cepat menepiskannya sebagai “kabar bohong” dan menambahkan ia tidak melihat adanya demonstrasi yang dilaporkan itu.

Ketika mengadakan perundingan ekonomi sebelumnya, perdana menteri May mengatakan Inggris dan Amerika bisa memperluas kemitraan ekonominya dengan mengadakan perjanjian dagang bilateral, dan pemerintahannya percaya akan adanya “pasar bebas yang adil dan terbuka.” (ii)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan