Trump dan Para Pemimpin Dunia Peringati 75 Tahun ‘D-Day’ di Normandy, Perancis

Para pemimpin dunia berkumpul hari Kamis (6/6) di pantai Normandy, Perancis, untuk memperingati 75 tahun serangan D-Day yang menyebabkan kekalahan Nazi dan kemudian mengakhiri Perang Dunia Kedua.

Presiden Amerika Donald Trump dan Presiden Perancis Emmanuel Macron ikut serta dalam upacara di Taman Makam Pahlawan Amerika Colleville-sur-Mer di Normandie, tempat lebih dari 9.000 tentara Amerika dimakamkan.

Dalam petikan naskah pidato yang hendak disampaikan, Trump menyampaikan penghormatan bagi mereka yang “mengorbankan jiwa raga demi saudara-saudara mereka, demi negara mereka, dan demi kelangsungan hidup kebebasan.”

Pidato Trump juga melanjutkan tema solidaritas dengan negara-negara sekutu yang minggu ini telah memperingati ulang tahun serangan besar-besaran tersebut.

“Kepada semua sahabat dan mitra kami, aliansi kita yang berharga ditempa dalam panasnya peperangan, diuji dalam cobaan perang, dan terbukti dalam tercapainya berkat perdamaian. Ikatan kita tidak bisa diputuskan,” kata Trump.

Macron juga akan menghadiahkan medali tanda jasa Legiun Kehormatan Prancis kepada lima veteran Amerika sebelum mengadakan jamuan makan siang bersama Trump.

Peringatan hari Kamis di Perancis ini menyusul upacara hari Rabu (5/6) di Portsmouth, Inggris selatan.

Belasan pemimpin dunia, termasuk Trump, Macron, Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bergabung dengan Ratu Elizabeth dari Inggris untuk menghormati keberanian para tentara muda yang merupakan bagian dari serangan amfibi terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah – dengan 7.000 kapal melintasi Selat Inggris untuk mencapai pantai Normandie guna menghadapi Nazi Jerman. (lt)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan