Oposisi Menang dalam Pemilu Denmark

Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen mengatakan dia berencana mengumumkan pengunduran dirinya Kamis (6/6) ini, setelah oposisi Partai Sosial Demokrat memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan di negara itu.

Partai Liberal Rasmussen sebenarnya mendapat tambahan kursi, tetapi Partai Rakyat Denmark yang nasionalis dan yang mendukung pemerintahan Rasmussen menderita kekalahan besar.

Partai Demokrat Sosial mendapat sekitar 26 persen suara, mengungguli semua partai lainnya, sehingga memberi pemimpin partai itu, Mette Frederiksen, yang berusia 41 tahun, peluang untuk menjadi perdana menteri termuda di negara itu.

Dia mengatakan pemilih telah memilih “mayoritas baru” dan “harus mengambil arah baru” ketika dia merayakan kemenangan bersama para pendukungnya. Frederiksen mengatakan Partai Demokrat Sosial akan berusaha membentuk pemerintahan partai tunggal sementara juga mencari dukungan partai-partai berhaluan kananuntuk isu-isu seperti imigrasi dan dari partai-partai berhaluan kiri untuk isu-isu yang menyangkut masalah kesejahteraan sosial. (lt)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan