Kurangi Migran, Meksiko Kerahkan Garda Nasional ke Perbatasan Guatemala

Meksiko dijadwalkan akan mengerahkan pasukan Garda Nasional di perbatasan selatan dengan Guatemala, Rabu (12/6). Hal itu menjadi bagian dari kesepakatan untuk mengurangi jumlah migran yang menuju Meksiko dengan harapan bisa memasuki Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan kepada wartawan bahwa pengerahkan 6000 tentara ke perbatasan itu dan beberapa kawasan lain di negara itu akan dimulai Rabu. Namun Ebrard tidak menjelaskan seberapa cepat penempatan pasukan akan dilakukan.

Ebrard membacakan sebuah dokumen yang dikirimnya ke Senat Meksiko yang merinci kesepakatan yang dihasilkan dalam perundingan pekan lalu. Kesepakatan itu mencakup perluasan program pemulangan migran ke Meksiko saat suaka AS mereka diproses, dan komitmen kedua negara untuk meningkatkan usaha-usaha pembangunan di Amerika Tengah.

Di Washington, Presiden AS Donald Trump memamerkan selembar kertas di halaman Gedung Putih sambil mengatakan bahwa kertas itu adalah kesepakatan imigrasi baru dengan Meksiko yang berisi ketentuan-ketentuan yang masih dirahasiakan. Meksiko mengaku, tidak tahu menahu dengan apa yang dimaksud oleh Trump.

“Saya akan biarkan Meksiko mengumumkannya pada saat yang tepat,” kata Trump kepada wartawan. “Saya hanya menjanjikan kepada kalian bahwa dalam kertas ini ada kesepakatan.”

Ditanya apakah Meksiko bersedia menjadi negara penampung migran yang mencari suaka di AS, Trump tidak membenarkan, tapi juga tidak membantahnya. [ab]

Leave a comment

Tinggalkan Balasan