Badan Pengawas AS Serukan Pemecatan Pembantu Trump

Badan pengawas pemerintah Amerika, Office of Special Counsel (OSC), Kamis (13/6), merekomendasikan agar Kellyanne Conway, salah satu pejabat Gedung Putih dan paling dekat dengan Presiden Donald Trump, dipecat karena berulang kali terlibat serangan politik partisan meski berstatus sebagai pegawai federal.

OSC mengatakan Conway “berulang kali melanggar” Hatch Act, undang-undang yang dengan tegas membatasi keterlibatan pegawai federal dalam aktivitas politik selagi bekerja.

Laporan badan itu menyebutkan ia melanggar undang-undang itu dengan “meremehkan kandidat presiden dari Partai Demokrat selagi berbicara dalam kapasitas resmi dalam wawancara televisi dan di media sosial.”

Gedung Putih membantah kesimpulan OSC. Dalam surat setebal 11 halaman, penasihat hukum Gedung Putih Pat Cipollone mengatakan OSC membuat “klaim yang tidak adil dan tidak berdasar terhadap penasihat dekat presiden” dan “tergesa-gesa menghakimi” saat mengajukan tuduhan. Ia meminta OSC menarik laporan itu.

OSC hanya bisa merekomendasikan pemecatan Conway yang berusia 52 tahun. Badan itu tidak berwenang memecatnya.

Dipecat atau tidak, akan terserah Trump. Namun, Trump sering memuji Conway. Pada saat sama, ia juga menyerang suaminya, George Conway, pengacara yang pernah mewakili Trump. George Conway kini sering mengatakan bahwa presiden tidak stabil secara kejiwaan dan karenanya harus dimakzulkan.[ka]

Leave a comment

Tinggalkan Balasan