Gelombang Panas Mengancam Kesehatan Warga AS

Dinas Cuaca Nasional (NWS) memperingatkan bahwa suhu tinggi dan tingkat kelembaban yang sangat berbahaya di AS pada akhir pekan bisa dengan cepat menyebabkan heat stress atau heat stroke.

Heat stroke adalah kondisi suhu tubuh yang meningkat tajam dan tiba-tiba dalam waktu cepat akibat sengatan matahari. NWS menganjurkan warga untuk mengecek keadaan sanak saudara dan teman, terutama warga lansia.

Suhu meningkat di berbagai kota dari Midwest sampai Pantai Timur akibat sistem tekanan tinggi yang memerangkap udara panas. Para pejabat kota mengizinkan kolam renang umum untuk buka lebih lama. Pemerintah kota juga mengeluarkan anjuran kepada masyarakat mengenai cara terbaik menghadapi suhu panas.

Para peramal cuaca mengatakan suhu di New York City mencapai 33 derajat Celcius pada Sabtu (20/7), tapi dengan kelembaban, suhunya terasa seperti 43 derajat Celsius.

Pada Sabtu (20/7), suhu di ibu kota AS mencapai 38 derajat Celcius dan Philadelphia 36 derajat Celsius.

Organisasi Meteorologi Sedunia mengatakan Juni 2019 adalah rekor terpanas bumi sepanjang catatan. Selain itu, suhu darat dan laut juga mencapai rekor tertinggi pada Juni. [vm/ft]

Tinggalkan Balasan